Monday 18 February 2013

Pentingnya validasi w3c dalam desain web anda

Validasi w3c dan desain web



Konsorium www atau biasa kita kenal dengan w3c, telah menyediakan spesifikasi atas format dokumen web seperti xHTML, HTML4 dan format cascading style sheet (CSS). Beberapa orang, termasuk saya menganggap validasi W3C penting untuk sebuah desain web, sebaliknya beberapa termasuk situs2 besar menganggap validasi adalah sesuatu yang kurang penting.

Validasi W3C terhadap tipe dokumen tujuannya adalah memastikan bahwa halaman website sesuai dengan spesifikasi W3C terhadap tipe dokumen tersebut. Contohnya adalah, tidak menggunakan frameset pada tipe dokumen xHTML 1.1 dan tidak menggunakan atrribut/tag yang sudah di tinggalkan pada HTML5.


Dampak pada SEO

Banyak yang mengatak dokumen yang valid akan berdampak positif pada posisi web anda dimata Search Engine. Namun, Seorang Software Engineer Google, Matt Cus, menyatakan bahwa validasi tidak akan berdampak pada posisi Search Engine Result Page (SERP). bukan pertama kalinya dia telah mengatakan hal ini dan tidak akan yang terakhir karena banyak orang yakin bahwa W3C adalah faktor dalam peringkat mesin pencari. Banyak orang yakin bahwa memiliki sebuah situs dengan kode yang valid, akan meningkatkan peringkat pada mesin pencari. Sebenarnya yang terjadi adalah ketika Sebuah kode yang bersih dan valid hal itu tidak membantu Crawler search engine melihat dan menganalisa sebuah website lebih mudah.

Bahkan banyak situs populer yang tidak lulus validasi W3c, hal ini berarti situs-situs tersebut akan turun peringkatnya, apabila tidak didesain ulang, apabila benar validasi itu berpengaruh pada peringkat SERP
Semoga dengan membaca artikel ini kita dapat memahami dan memiliki opini apakah Validasi W3c terhadap kode sumber pada website kita penting atau tidak, Semoga bermanfaat.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Catatan seorang webmaster newbie
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top