Sunday 16 June 2013

Seberapa penting kah Alexa Rank buat blog anda?

Mungkin para pembaca sekalian sudah pernah mengetahui apa alexa rank itu. Tapi buat yang belum tau, alexa rank itu adalah ranking dari alexa untuk menentukan posisi blog atau website anda  berdasarkan traffic atau pengunjung unik ke website atau blog anda. Beberapa orang memang, tidak terlalu peduli berapa alexa rank mereka, namun malah banyak yang tidak peduli justru mendapatkan alexa rank yang lebih bagus (semakin kecil semakin baik) dari yang setiap hari, malah ada yang setiap jam, mengecek alexa rank nya, hampir sama seperti saya dulunya.

Tetap saja, banyak yang mengukur suatu blog dari alexa rank nya, apakah suatu blog yang mempunyai alexa rank kurang dari 100.000 akan selalu lebih baik dari blog yang mempunyai alexa rank lebih dari itu? tidak selalu, blog itu tempatnya konten, bila kita dapat menyasar konten yang tepat sasaran, dan konten kita bermutu, aku yakin, alexa rank tidak akan berpengaruh terhadap pendapatan (kalau anda memonetisasi blog) blog atau web anda. Toh, Alexa bukan google kan, dan mereka adalah DUA perusahaan yang BERBEDA.

Tapi diluar itu, bukan berarti alexa rank TIDAK BERGUNA. Alexa rank mengukur seberapa banyak audience blog atau website ada. Semakin kecil ranking alexa tentu akan semakin baik, dan otomatis, kalau traffic banyak, google pun akan lebih menghargainya. Jangan salah paham, pernyataan saya tadi bukan berarti alexa rank berpengaruh terhadap ranking website atau situs anda di mesin pencari seperti google.com.

Salah kaprah?

Jujur, saya buka SEO expert, dan saya juga baru mulai blogging, meski sebelumnya sudah menerapkan di web saya untuk jualan, wahanalaptop.com, tapi untuk dunia per-blogging-an saya masih harus banyak belajar. Tapi satu hal yang saya yakini dan masuk logika saya, Alexa adalah sebuah perusahaan informasi tentang bagaimana web anda, seberapa banyak pengunjung web anda, dan sebagainya, hampir sama seperti Google Analytic hanya ada ranking-ranking nya. Banyak yang mengira, google menghitung Alexa Rank sebagai acuan untuk muncul di SERP, atau halaman hasil pencarian nya. Bagi saya ini tidak masuk akal, sama seperti menganggap tukang parkir yang markirin sepeda motor di ATM itu penjaga ATM semacam satpam nya, close enough, memang, tapi BERBEDA. 

Jadi menurut saya, alexa rank berguna untuk mengukur, bukan acuan sebuah kualitas web, apalagi acuan untuk google. Hanya saja, ketika ranking anda di alexa bagus, biasanya, otomatis anda banyak muncul di mesin pencari. Tapi, Google tidak menggantungkan atau menilai suatu web atau blog dari alexa rank nya.
Sekian artikel Seberapa penting kah Alexa Rank buat blog anda? dari saya, semoga bermanfaat, bila ada yang perlu ditambahkan silahkan berkomentar melalui kolom komentar.


Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 comments

  1. Engga ngaruh ke AdSense ya? Tapi seneng aja kalau rankingnya naik berarti blognya populer hehehehe

    ReplyDelete

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Catatan seorang webmaster newbie
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top